MENGENAL PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

Penyebab henti jantung mendadak – Masalah kesehatan jantung adalah hal yang harus sangat diperhatikan. Salah sedikit dalam menanganani masalah jantung akan berdampak pada kematian penderita. Itulah kenapa penanganan pada gangguan kesehatan yang melibatkan jantung haruslah diperhatikan secara benar.

Di dunia sendiri masalah kesehatan jantung jumlahnya sangat beragam. Ironisnya, semakin bertambah tahun, jumlah masalah kesehatan jantung semakin bertambah.

Ini tentu mengkhawatirkan, dan harus menjadi perhatian tersendiri; baik itu untuk tenaga medis, dokter, saintis, bahkan orang awam yang memiliki faktor resiko tinggi. Mereka harus memperhatikan dengan benar agar masalah kesehatan jantung tidak berkembang dan semakin banyak.

Henti jantung mendadak adalah satu dari sekian masalah jantung yang kerap dialami penderita di Indonesia.

Alodokter.com menjelaskan bahwa henti jantung mendadak adalah kondisi di mana jantung benar-benar berhenti berdetak secara tiba-tiba. Kondisi abnormal ini bisa berakibat pada hilangnya kesadaran penderita dan berhenti bernapas.

READ  MENGENAL CIRI-CIRI HEMOKROMATOSIS

Hellosehat.com menambahkan bahwa kondisi ini terjadi karena gangguan listrik pada jantung. Lebih tepatnya, gangguan listrik tersebut mengakibatkan pompa jantung berhenti. Kondisi demikian membuat aliran darah pada tubuh berhenti, gangguan otak permanen, atau yang paling parah; kematian.

Masalah jantung ini harus ditangani dengan tepat dan cepat. Pertolongan segera berupa CPR dan kejut jantung bisa berdampak pada pengurangan resiko yang disebutkan di atas.

PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

Beberapa penyakit jantung umumnya disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Namun kondisi berbeda terjadi pada gangguan henti jantung mendadak. Masalah kesehatan jantung ini justru disebabkan oleh gangguan irama jantung; lebih tepatnya penyakit ventrikel fibrilasi.

Ventrikel fibrilasi adalah kondisi di mana gangguan irama jantung yang membuat ventrikel jantung berdenyut sekali, bukan berdenyut yang berkelanjutan untuk memompa darah. Hal ini menyebabkan jantung mengalami henti mendadak.

READ  MENGENAL GEJALA DARI HEMATURIA

Secara umum masalah jantung mendadak bisa dialami oleh siapapun. Dari sekian banyak orang, ada beberapa orang dengan resiko paling tinggi. Orang-orang tersebut antara lain:

  1. Orang dengan penyakit jantung koroner;
  2. Orang dengan penyakit otot jantung;
  3. Orang dengan gangguan katup jantung;
  4. Orang dengan penyakit jantung bawaan;
  5. Orang dengan sindrom marfan

Selain orang dengan kondisi kesehatan di atas, ada beberapa faktor penyebab lain dari gangguan henti jantung mendadak. Faktor penyebab yang dimaksud antara lain:

  1. Orang dengan usia di atas 45 tahun (pria) dan 55 tahun (wanita);
  2. Orang dengan riwayat keluarga yang mengidap masalah kesehatan jantung;
  3. Orang yang malas berolahraga;
  4. Orang yang aktif mengonsumsi rokok;
  5. Orang yang menggunakan NAPZA, khususnya kokain dan amfetamin;
  6. Orang dengan obesitas;
  7. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi;
  8. Orang dengan gangguan hipertensi;
  9. Orang dengan masalah diabetes;
  10. Orang dengan gangguan sleep apnea;
  11. Orang dengan gangguan ginjal kronis;
READ  BENARKAH HEMATURIA ADALAH PENYAKIT YANG BERDAMPAK SERIUS BAGI TUBUH?

Beberapa faktor penyebab di atas adalah segelintir dari sekian banyak faktor penyebab yang ada. Sebagai orang yang sadar akan kesehatan jantung, Anda tentu dianjurkan untuk mewaspadai faktor penyebab.

Sebab jika diteliti kembali, beberapa faktor penyebab timbul akibat kebiasaan buruk; sebut saja malas berolahraga, kolesterol, diabetes dan gangguan ginjal.

Itulah beberapa penyebab henti jantung mendadak. Secara umum penyebab-penyebab di atas ada yang bisa dicegah dan ada yang tidak bisa dicegah. Tapi terlepas daripada itu, sebagai orang dengan faktor resiko tinggi, sudah sewajarnya bila kita memperhatikan pola hidup sehat.

 

Sumber gambar alodokter.com