MENGENAL PENYEBAB HEMATURIA

 

Penyebab hematuria – mengetahui penyebab suatu penyakit adalah hal yang penting. Mengetahui penyebab penyakit akan membuat Anda lebih banyak tahu tentang penyakit tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk memberi penanganan dan/atau pencegahan pada penyakit tersebut.

Dengan informasi mengenai penyakit ini, Anda akan dengan mudah menghindari beragam resiko komplikasi yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Hematuria adalah satu dari sekian penyakit yang juga harus diketahui penyebab dan penangananya. Alodokter.com menjelaskan bahwa hematuria sendiri adalah kondisi di mana urin Anda bercampur dengan darah.

Pencampuran urin dengan darah adalah kondisi abnormal. Biasanya, kondisi ini diakibatkan oleh masalah kesehatan serius, bisa akibat infeksi atau masalah yang lebih serius lagi; yaitu kanker.

Penanganan hematuria sendiri harus dilakukan dengan mempertimbangkan penyebab. Karena seperti yang kita tahu, hematuria adalah penyakit serius yang timbul akibat komplikasi penyakit lain. Karenanya, penanganannya harus berdasarkan sumber utama dari penyakit ini; sumber komplikasinya.

READ  MENGENAL GEJALA DARI HEMATURIA

Kami telah merangkum beberapa penyebab hematuria. Anda bisa menggunakan materi ini sebagai literatur atau sekedar informasi belaka. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang kami maksud.

KANKER PROSTAT ATAU KANDUNG KEMIH – PENYEBAB HEMATURIA

Kanker adalah masalah kesehatan serius yang tidak bisa dianggap enteng. Kanker adalah kondisi di mana jaringan kanker tumbuh pada jaringan induk yang mengakibatkan masalah serius bagi penderita.

Kanker juga menjadi penyebab dari hamaturia. Namun tidak semua kanker menyebabkan gangguan kesehatan ini. Hanya kanker tertentu yang bisa berakibat keluarnya darah pada saat buang air kecil.

Kanker prostat dan kandung kemih adalah jenis kanker yang kami maksud. Jenis kanker ini sangat serius. Bahkan telah banyak korban jiwa yang diakibatkan oleh jenis penyakit ini.

Penanganan serius, cepat dan tepat harus dilakukan untuk menghindari resiko yang lebih buruk. Penanganan kanker ini tidak bisa instan. Butuh proses dan jangka panjang. Pun dengan penanganan hematuria yang diakibatkan oleh gangguan kesehatan ini.

READ  MENGENAL PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

INFEKSI SALURAN KEMIH – PENYEBAB HEMATURIA

Salin kanker, infeksi saluran kemih juga bisa jadi penyebab dari munculnya darah pada saat buang air kecil. Namun berbeda dengan kanker, penanganan infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan lebih cepat dan dengan penyembuhan yang relatif lebih singkat.

Namun demikian, penanganan infeksi saluran kemih tidak bisa dilakukan sembarang. Harus melibatkan dokter dan penanganan medis.

MASALAH KESEHATAN GINJAL – PENYEBAB HEMATURIA

Hellosehat.com menjelaskan bahwa masalah kesehatan ginjal juga efektif menyebabkan hematuria.

Ginjal sendiri adalah organ pencernaan. Ginjal memiliki peran yang sangat vital. Dan bila ia bermasalah, ginjal akan memberikan tanda yang mudah dikenali. Salah satunya adalah dengan hematuria.

READ  Apakah Pengertian Konstipasi? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hematuria yang muncul akibat gangguan ginjal biasanya tidak terlalu mencolok. Namun demikian, Anda harus tetap waspada dan tidak boleh lengah.

Bila hematuria diakibatkan oleh masalah ginjal, penderita akan cenderung merasa sakit pada perut area bawah. Tapi pada beberapa kasus, penderita tidak mengalami hal demikian. Penderita hanya akan mengeluarkan darah pada urin. Itu menyebabkan urin berwarna kemerahan atau coklat pekat.

Itulah beberapa penyebab hematuria. Penanganan hematuria akan didasari pada apa yang menyebabkan gangguan kesehatan ini muncul. Penanganan yang tepat akan memungkinkan penderita sembuh dengan lebih cepat. Namun demikian, penanganan yang sembarang dan lambat akan membuat penderita merasakan sakit; bahkan sakit yang berkepanjangan.

Penanganan hematuria sendiri lebih melibatkan unsur medis. Ini karena penyebab dari gangguan kesehatan ini adalah penyakit serius; seperti kanker dan sejenisnya.

 

Sumber gambar alodokter.com