MENGENAL GEJALA DARI HEMATURIA

 

Gejala hematuria – hematuria adalah kondisi di mana urin bercampur dengan darah. Alodokter.com menjelaskan bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Namun dari sekian banyak penyebab, hematuria lebih sering disebabkan oleh masalah kesehatan serius; sebut saja kanker prostat, infeksi saluran kemih, atau masalah kesehatan ginjal.

Hematuria tidak bisa dikatakan sebagai penyakit ringan. Karena seperti yang kami jelaskan tadi, penyakit ini bisa menjadi gejala atau tanda dari penyakit serius.

Penanganan hematuria sendiri tidak bisa dilakukan sembarang. Anda harus memberi penanganan dengan bantuan medis. Ini dilakukan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Dan lagi, penanganan medis akan lebih efektif dibanding penanganan alternatif.

Hematuria sendiri adalah penyakit yang harus ditangani. Penanganan yang cepat akan menghindarkan Anda dari komplikasi yang lebih serius.

Lantas, kapan kita harus memberi penanganan pada gangguan kesehatan ini? Anda bisa memberi penanganan manakala hematuria telah memunculkan gejala. Adapun gejala dari penyakit ini adalah sebagai berikut.

READ  BENARKAH HEMATURIA ADALAH PENYAKIT YANG BERDAMPAK SERIUS BAGI TUBUH?

TIMBUL RASA SAKIT SAAT BUANG AIR KECIL – GEJALA HEMATURIA

Salah satu gejala yang mudah terlihat dari dari hematuria adalah timbul rasa sakit saat buang air kecil. Gejala ini sangat mudah dikenali. Anda bisa mengasumsikan bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja saat merasa sakit saat buang air kecil.

Ya, seperti yang Anda tahu, buang air kecil adalah perilaku normal. Ini perilaku alami makhluk hidup. Kondisi kesehatan normal tidak akan membuat Anda kesakitan saat buang air kecil. Dan kebalikannya, saat Anda sedang mengalami gangguan kesehatan, Anda akan dengan mudah mengalami sakit; terlebih sakit saat buang air kecil.

Pada beberapa kasus, sakit saat buang air kecil akan timbul manakala hematuria disebabkan oleh infeksi. Sebut saja infeksi saluran kemih dan sejenisnya.

READ  Waspadalah! Inilah Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Umumnya Terjadi

WARNA URIN BERUBAH TIDAK NORMAL – GEJALA HEMATURIA

Ini adalah gejala yang sangat menonjol. Anda tidak bisa dianggap baik-baik saja manakala warna urin Anda tidak seperti biasanya.

Warna urin penderita hematuria adalah berwarna kemerahan dan coklat gelap. Kondisi ini disebabkan oleh pencampuran darah pada urin. Jika kondisi ini terjadi, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah segera menghubungi dokter.

Menghubungi dokter akan memungkinkan Anda diberi penanganan medis. Ini akan menghindarkan Anda dari masalah yang serius.

RASA SAKIT PADA PERUT BAWAH – GEJALA HEMATURIA

Pada beberapa kasus penderita akan mengalami sakit pada perut bagian bawah. Ini adalah wilayah di mana ginjal berada.

Penderita hematuria yang mengalami sakit di area ini adalah mereka yang menderita hematuria yang diakibatkan oleh masalah ginjal. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, menghubungi dokter adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

READ  MENGENAL PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

Kenapa? Karena jika hematuria muncul, sedang Anda merasakan sakit pada perut area bawah, itu menandakan bahwa ginjal Anda sedang tidak baik-baik saja.

Segeralah menghubungi dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sebab hematuria bisa jadi tanda bahwa masalah ginjal Anda sudah kronis dan harus segera ditangani secara serius.

URIN BERBAU BUSUK – GEJALA HEMATURIA

Beberapa penderita hematuria mungkin mengalami gejala ini. Ini adalah gejala yang sangat mudah dikenali.

Urin sendiri adalah cairan yang memiliki bau. Semakin pekat bau urin, semakin urin Anda tidak baik-baik saja. Dalam kasus hematuria, urin akan memiliki bau busuk, atau bahkan amis, akibat pencampuran darah pada urin.

Itulah beberapa gejala hematuria. Gejala-gejala tersebut bisa Anda kenali sebagai tanda untuk memberi penanganan sesegera mungkin.

 

Sumber gambar Hellosehat.com