MENGENAL CIRI-CIRI HEMOKROMATOSIS

 

Ciri-ciri hemakromatosis – mengenal penyebab dan gejala suatu penyakit memang tidak diharuskan. Tapi tindakan ini diperlukan sebagai tindak pencegahan awal; dan sebagai warning atau peringatan tentang penyakit itu sendiri.

Anda dianjurkan mengenai gejala atau penyebab penyakit demi penanganan yang cepat dan tepat.

Seperti yang Anda tahu, dengan mengenali gejala penyakit, Anda bisa dengan mudah memutuskan kapan dan pada kondisi apa Anda harus menghubungi dokter. Ini tentu menguntungkan. Berbanding terbalik jika Anda tidak mengenai gejala atau penyebab suatu penyakit. Kondisi demikian tidak akan membuat Anda paham dan tahu, kapan harus memberi penanganan pada penyakit Anda.

Di dunia ini banyak sekali penyakit yang harus ditangani dengan segera. Karenanya, mengenal penyebab dan gejala dari penyakit adalah hal yang diperlukan.

Hemokromatosis adalah salah satunya. Penyakit ini memiliki ciri dan gejala yang cukup mencolok. Anda bisa dengan mudah mengenali penyakit ini dengan memperhatikan gejala yang timbul.

READ  MENGENAL PENYEBAB HEMATURIA

Namun demikian, ada beberapa gejala yang identik dengan penyakit lain. Karenanya, pengetahuan yang mendalam akan membuat Anda mengidentifikasi gangguan kesehatan ini.

Dan mengenai ciri-ciri hemokromotisis, kami telah merangkumkannya untuk Anda. Anda bisa mengenali gangguan kesehatan ini berdasarkan gejala yang telah kami rangkum. Dan adapun gejala atau ciri yang dimaksud bisa Anda simak pada pembahasan berikut.

KURANG ENERGI – CIRI-CIRI PENDERITA HEMOKROMATOSIS

Dikutip dari alodokter.com, hemokromatosis adalah kondisi di mana tubuh menyerap terlalu banyak zat besi. Penyerapan yang berlebih ini tidak membuat tubuh Anda merasa baik. Justru kebalikannya. Anda akan mengalami masalah serius manakala zat besi yang Anda serap terlalu banyak; bahkan cenderung berlebihan.

Zat besi yang terserap akan tersimpun pada organ seperti hati dan sebagainya. Jika terlalu banyak, zat besi ini akan menimbulkan masalah serius seperti kanker dan sejenisnya.

READ  MENGENAL PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

Mungkin Anda akan berpikir, jika terlalu banyak zat besi, tubuh Anda akan memiliki energi yang berimpah. Nyatanya, asumsi tersebut sangalah salah. Justru berkebalikan. Tubuh Anda akan mengalami penurunan kondisi.

Pada beberapa kasus Anda akan mengalami penurunan energi. Bahkan tidak jarang juga penderita mengalami keletihan yang luar biasa.

LEMAS DAN LETIH BERKEPANJANGAN – CIRI-CIRI PENDERITA HEMOKROMATOSIS

Karena zat besi tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, tubuh jadi lebih sering lemas dan letih. Bahkan beberapa penderita mengalami kondisi tersebut secara berkepanjangan. Hal ini jelas sangat mengganggu, bahkan cenderung membahayakan.

Lemas dan letih akan membuat penderita mengalami masalah serius dengan aktivitas dan produktivitas mereka. Jika kondisi ini dibiarkan, penderita bisa dengan mudah kehilangan pekerjaan dan penghidupannya.

Karenanya, jika kondisi ini muncul, penderita dianjurkan untuk segera menghubungi dokter. Melakukan konsultasi dengan kereka.

READ  Waspadalah! Inilah Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Umumnya Terjadi

TIMBUL NYERI PADA PERSENDIAN – CIRI-CIRI PENDERITA HEMOKROMATOSIS

Zat besi sendiri bertugas untuk menguatkan tulang dan sendi. Saat zat besi tidak bertugas sebagaimana mestinya, ia akan memberikan dampak luar biasa pada tubuh. Salah satunya adalah timbul rasa nyeri pada persendian.

Nyeri pada persendian adalah gejala yang sangat signifikan. Ini akan membuat Anda terhambat dalam melakukan aktivitas.

Itulah beberapa ciri-ciri hemokromatosis. Selain ciri-ciri di atas, hemokromatosis bisa dikenali dengan gejala lain seperti; penurunan gairah seksual yang signifikan, kulit menjadi gelap, bulu dan rambut rontok dan penurunan berat badan yang serius.

Hellosehat.com menjelaskan bahwa jika kondisi ini terus dibiarkan akan berdampak pada komplikasi yang lebih serius. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau penderita bisa mengalami kanker akibat hemokromatosis.

 

Sumber hellosehat.com