MENGENAL CARA MENCEGAH HENTI JANTUNG MENDADAK

 

Cara mencegah henti jantung mendadak – Masalah henti jantung mendadak adalah hal yang harus sangat diperhatikan. Alodokter.com menjelaskan bahwa henti jantung adalah berhentinya aktivitas jantung. Aktivitas jantung berhenti diakibatkan oleh beberapa hal, namun pada kasus henti jantung mendadak, gangguan irama jantung atau aritmia adalah faktor yang paling mendominasi.

Hellosehat.com menjelaskan bahwa masalah kesehatan ini sangatlah serius. Ada beragam resiko yang muncul manakala jantung berhenti berdetak tiba-tiba.

Dari sekian banyak resiko, masalah kesehatan organ, kerusakan organ vital seperti otak, hati dan paru-paru adalah hal yang dikhawatirkan. Akan tetapi, dibanding ketiganya, resiko kematian adalah momok menakutkan bagi penderita maupun pihak medis yang membantu penanganan henti jantung mendadak.

Ya, seperti diketahui, henti jantung mendadak bisa berakibat pada hilangnya nyawa penderita.

Oleh karena itu, penanganan penyakit ini harus dilakukan dengan benar, cepat, juga tepat. Penanganan yang sembarang dan asal-asalan akan berdampak pada masalah serius. Dan penanganan yang terlambat dapat menyebabkan penderita mengalami kematian.

READ  Apakah Pengertian Konstipasi? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain penaganan, pencegahan juga harus benar-benar dilakukan. Sebagaimana penyakit jantung pada umumnya, masalah henti jantung mendadak juga bisa dicegah. Adapun cara atau metode mencegah gangguan kesehatan ini adalah sebagai berikut.

MENGHINDARI PERILAKU BERESIKO – CARA MENCEGAH HENTI JANTUNG MENDADAK

Ada beberapa perilaku beresiko yang dapat menimbulkan masalah henti jantung mendadak. Perilaku tersebut antara lain adalah mengonsumsi NAPZA dan aktif merokok. Keduanya jelas berbahaya dan bisa mengakibatkan terganggunya irama jantung.

Berhenti mengonsumsi keduanya adalah cara terbaik untuk mencegah henti jantung mendadak.

Mungkin akan sulit bila Anda sudah terbiasa dan kecanduan.Tapi jika dibandingkan dengan dampak dan resiko yang bisa muncul, menghentikan konsumsi NAPZA dan rokok tentu lebih ringan dibanding Anda harus kehilangan nyawa karena keduanya.

READ  BENARKAH HEMATURIA ADALAH PENYAKIT YANG BERDAMPAK SERIUS BAGI TUBUH?

RAJIN MEROLAHRAGA DAN MENJAGA KESEHATAN JANTUNG – CARA MENCEGAH HENTI JANTUNG MENDADAK

Henti jantung mendadak umumnya disebabkan karena gangguan irama jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Kondisi ini jelas dicegah bilamana Anda bisa menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana melakukannya? Mudah. Anda hanya perlu rajin berolahraga dan menjaga kebugaran jantung.

Agar lebih spesifik, Anda bisa tanyakan olahraga yang dianjurkan dokter untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Sebab pada prinsipnya, setiap orang membutuhkan latihan dan jenis olahraga yang berbeda-beda.

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga yang rutin aka mengecilkan faktor resiko dan menghindarkan Anda dari masalah kesehatan ini.

KURANGI MAKANAN TIDAK SEHAT – CARA MENCEGAH HENTI JANTUNG MENDADAK

Salah satu hal yang menyebabkan henti jantung mendadak adalah diabetes. Selain itu ada juga obesitas. Keduanya adalah faktor resiko yang kadang disepelakan. Padahal, pada praktiknya, diabetes dan obesitas berpengaruh besar terhadap peningkatan resiko henti jantung mendadak.

READ  MENGENAL PENANGANAN HENTI JANTUNG MENDADAK

Diabetes dan obesitas dapat dicegah. Caranya, Anda hanya perlu memperhatikan konsumsi makanan.

Konsumsi makanan yang sehat, makanan yang jauh dari lemak dan gula berlebih. Menghindari makanan seperti ini akan membantu Anda mengurangi resiko henti jantung mendadak.

Itulah beberapa cara mencegah henti jantung mendadak. Secara spesifik, Anda bisa mencegah masalah jantung yang berhenti mendadak dengan perilaku hidup sehat dan menghindari faktor resiko.

Benar, beberapa faktor resiko mungkin tidak bisa dihindari; sebut saja keturunan dan gangguan jantung bawaan. Tapi selain itu, Anda bisa mencegah masalah henti dengan mandiri. Anda bisa terapkan cara yang disebutkan di atas. Agar efektif, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jantung Anda.

 

Sumber gambar hellosehat.com