Gejala yang Muncul Akibat Batu Ginjal

 

Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah umum terjadi. Seperti yang telah dikutip dari laman Alodokter, batu ginjal bisa terbentuk ketika urine mengandung lebih banyak zat yang membentuk kristal daripada cairan di dalam urine. Selain itu, batu ginjal juga dapat terbentuk saat tubuh seseorang kekurangan zat pencegah batu menempel satu sama lain. Keadaan yang seperti inilah yang menjadikan batu ginjal dapat terbentuk dengan mudah. Batu ginjal juga bisa berpindah, perpindahan tersebut terutama pada batu ginjal yang mempunyai ukuran besar tentu bisa mengalami kesulitan untuk menuju ureter yang halus dan kecil hingga ke kandung kemih, yang kemudian akan dikeluarkan lewat uretra. Batu ginjal, berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 4 yaitu batu struvit, batu kalsium, batu sistin, dan asam urat. Ketika batu ginjal masih berukuran sangat kecil, kemungkinan sulit untuk terdeteksi atau bahkan tidak menimbulkan gejala yang cukup berarti. Gejala akan muncul ketika batu ginjal tersebut berukuran besar. Apa saja sih gejala yang muncul akibat batu Ginjal? Berikut gejala batu ginjal.

READ  MENGENAL GEJALA DARI HEMATURIA

Gejala Batu Ginjal

Tahukah Anda? Gejala akibat batu ginjal yang terjadi bisa membuat si penderita merasakan sakit yang luar biasa yang bisa datang kapan saja.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Selain karena minum yang terlalu banyak, ternyata frekuensi buang air kecil meningkat bisa menjadi salah satu kondisi medis seperti batu ginjal lho. Orang yang normal, biasanya buang air kecil sebanyak 4 sampai 8 kali dalam sehari atau 1 sampai 1,8 liter. Akan tetapi, saat orang mengalami batu ginjal, frekuensi buang air kecil akan meningkat bahkan bisa melebihi batas normal.

  1. Merasakan Nyeri Ketika Buang Air Kecil dengan Jumlah Yang Sedikit

Dilansir dari laman Alodokter, gejala yang ditimbulkan akibat batu ginjal yaitu ketika kencing keluar sedikit dan disertai nyeri. Ketika seseorang mengidap batu ginjal. Mereka akan merasakan nyeri ketika buang air kecil karena saluran kemih akan bermasalah. Nyeri tersebut bisa berupa rasa perih pada tulang kemaluan dibagian belakang serta kandung kemih (prostat). Dilansir dari laman Alodokter, gejala yang ditimbulkan akibat batu ginjal yaitu ketika kencing keluar sedikit dan disertai nyeri.

  1. Warna Urine Menjadi Merah, merah muda, atau cokelat
READ  BENARKAH HEMATURIA ADALAH PENYAKIT YANG BERDAMPAK SERIUS BAGI TUBUH?

Ketika seseorang kesehatannya normal dan tidak mempunyai kondisi medis yaitu warnanya bening atau bisa saja berwarna kuning. Akan tetapi, orang yang mengidap batu ginjal warna urinnya bisa menjadi merah, merah muda, hingga cokelat. Selain itu, urin tersebut juga bisa sangat berbau. Apabila gejala batu ginjal tersebut muncul sebaiknya konsultasikan kepada dokter dengan segera.

  1. Mual Serta Muntah

Rasa sakit akibat batu ginjal mungkin sangat parah sehingga dapat menyebabkan si penderita mengalami mual hingga muntah. Saat batu ginjal mulai bergerak ke ureter serta bisa menghambat aliran urin. Hal tersebut tentu akan menyebabkan sakit yang luar biasa sehingga penderita bisa mengalami mual serta muntah.

  1. Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh
READ  MENGENAL PENYEBAB HENTI JANTUNG MENDADAK

Gejala yang jug bisa muncul akibat batu ginjal yaitu merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Nyeri tersebut bisa terasa ringan hingga berat. Nyeri tersebut biasanya umum terjadi dibagian tubuh seperti punggung dibagian bawah serta terasa sampai pangkal paha, perut di bagian bawah serta pada daerah selangkangan. Pada pria, gejala yang bisa timbul juga dapat dirasakan sampai skrotun dan testis.

Jika Anda mengalami gejala batu ginjal seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan memeriksakannya. Pasti Anda ingin memiliki kondisi tubuh yang sehat kan? Tentu jangan malas ya untuk segera pergi ke dokter karena batu ginjal sangat berbahaya lho.

Sumber: Alodokter.com

              Hellosehat.com