BENARKAH HEMATURIA ADALAH PENYAKIT YANG BERDAMPAK SERIUS BAGI TUBUH?

 

Hematuria adalah kondisi di mana urin tercampur dengan darah. Atau bisa diasumsikan pula bahwa penyakit ini adalah kencing berdarah. Alodokter.com menjelaskan bahwa hematuria diakibatkan oleh beberapa hal. Infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, hingga kanker prostat, adalah tiga di antara banyak penyebab hematuria. Tapi demikian, ketiganya adalah penyebab yang paling sering terjadi.

Pada penderita hematuria, urin yang mereka keluarkan akan mengandung darah. Itu menyebabkan warna urin menjadi kemerahan atau kecoklatan.

Pada kondisi normal, urin harusnya tidak akan tercampur dengan darah. Namun kondisi tersebut dikecualikan manakala Anda adalah seorang wanita yang sedang mengalami masa menstruasi.

Penderita hematuria umumnya tidak akan merasa sakit. Tapi hal berkebalikan justru terjadi manakala darah yang keluar berbentuk gumpalan.

Pada kasus seperti ini, hematuria sudah masuk fase kronis. Kondisi ini, bila dibiarkan, akan berdampak serius pada tubuh. Gumpalan yang keluar bisa menyumbat saluran kemih. Ini jelas berbahaya dan dapat menimbulkan masalah yang lebih serius.

READ  Gejala yang Muncul Akibat Batu Ginjal

HEMATURIA ADALAH GANGGUAN KESEHATAN DENGAN GEJALA YANG SANGAT MENCOLOK

Hematuria merupakan masalah kesehatan yang sangat mudah diidentifikasi. Ini terjadi karena hematuria memiliki gejala yang sangat mencolok. Adapun gejala yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Urin yang berwarna kemerahan dan kecoklatan

Jika Anda adalah penderita hematuria, urin yang Anda keluarkan tidak lagi berwarna kuning atau putih. Warna urin yang Anda keluarkan justru akan berwarna merah kecoklatan.

Perubahan warna sendiri terjadi akibat tercampurnnya darah pada urin. Pencampuran ini menyebabkan warna urin berubah total.

Kondisi ini sendiri sangat mudah diidentifikasi. Perubahan warna urin jelas merupakan malkondisi. Anda harus segera menghubungi dokter manakala kondisi ini benar-benar terjadi.

2. Timbul rasa sakit saat buang air kecil

READ  MENGENAL CARA MENCEGAH HENTI JANTUNG MENDADAK

Pada beberapa kasus penderita hematuria tidak akan merasakan sakit sedikit pun. Tapi kondisi tersebut akan berbeda manakala darah yang mereka keluarkan bukan lagi berbentuk cairan, melainkan gumpalan.

Ya, pada kondisi kronis, penderita akan mengeluarkan darah dalam bentuk gumpalan padat.

Kondisi ini akan menyebabkan penumpukan darah dan berujung pada penyumbatan saluran kemih. Penyumbatan tersebut akan menyebabkan Anda mengalami sakit. Bahkan kondisi yang lebih buruk bisa Anda alami.

3. Rasa sakit pada perut bagian bawah

Selain rasa sakit saat buang air kecil, beberapa penderita juga sering mengalami sakit pada perut bagian bawah. Kondisi ini umumnya terjadi bila masalah hematuria diakibatkan oleh penyakit ginjal. Secara, bila diasumsikan, area sakit adalah area di mana ginjal berada.

Namun sekali lagi, ini adalah asumsi. Anda dianjurkan menghubungi dokter manakala rasa sakit ini timbul dan dalam konsentrasi yang tidak wajar.

  1. Pola buang air yang tidak wajar
READ  MENGENAL PENYEBAB HEMATURIA

Beberapa penderita mungkin akan sering buang air, sedang sisanya akan kesulitan buang air. Entah itu sering atau tidak seringnya Anda buang air, itu adalah kondisi abnormal. Terlebih bila urin yang Anda keluarkan mengandung darah. Jika kondisi tersebut terjadi, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungi dokter.

Itulah beberapa hal mengenai hematuria. Hematuria adalah masalah kesehatan yang tidak bisa dipandang remeh. Masalah kesehatan ini bisa berdampak serius bagi kesehatan. Terlebih bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Penanganan dokter akan lebih dianjurkan. Ini karena hematuria bisa jadi komplikasi dari penyakit serius seperti ginjal dan sejenisnya. Penanganan dokter akan lebih membantu, efektif, dan tepat sasaran dibanding penanganan mandiri. Penanganan dokter membantu Anda sembuh lebih cepat.

 

Sumber gambar alodokter.com